Selamat Berkunjung di Blog Bu-Evi Cikgu Geografi *Semoga Bermanfaat*

20 September 2020

Belajar Asyik, Gratis Bebas Biaya. Yuk, Kunjungi Portal Rumah Belajar


Sudahkah sahabat memanfaatkan fitur rumah belajar dalam pembelajaran? Semakin maju zaman, pasti semakin banyak juga kan orang yang memanfaatkan internet untuk kebutuhan. Salah satunya dunia pendidikan. Apalagi pada saat sekarang ini, dimana seluruh dunia khususnya Indonesia sedang dilanda wabah yang dikenal dengan Covid-19. Pembelajaran yang biasanya dilaksanakan disekolah dengan tatap muka dalam kelas, sekarang mau tak mau harus beralih dengan pembelajaran dari rumah atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sehingga guru harus jeli mencari alternatif pembelajaran yang efektif untuk disampaikan kepada siswa, banyak platform-platfrom yang dipakai untuk menunjang pendidikan. 

Nah, Sahabat Rumah Belajar pernah nggak diperkenalkan dengan Portal Rumah Belajar?

Atau apakah sahabat sudah mendaftar menjadi anggota/member pembelajaran di Portal Rumah Belajar

Jika sudah, berarti sahabat sudah pernah dong mengakses fitur-fitur pada Portal Rumah Belajar atau bahkan telah memanfaatkan fitur-fitur tersebut pada pembelajaran di kelas. 

Jika belum, yuk kita simak penjelasan berikut mengenai fitur-fitur yang ada pada Portal Rumah Belajar

Portal Rumah Belajar merupakan salah satu laman pembelajaran yang di dalamnya terdapat beragam konten dan aktivitas pembelajaran. Terdapat dua fitur dalam Portal Rumah Belajar yaitu Fitur Utama dan Fitur Pendukung. 

Fitur utama terdiri dari fitur Sumber Belajar, fitur Kelas Maya, fitur Bank Soal, dan fitur Laboratorium Maya 

Sumber Belajar 

Fitur Sumber Belajar merupakan sistem manajemen pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai alat bantu untuk mendukung guru dalam proses pembelajaran peserta didik. Siswa dapat memanfaatkan konten-konten pembelajaran sebagai bahan belajar, karena fitur sumber belajar menyediakan katalog media berupa (gambar, audio, animasi, visual, audiovisual, dsb) serta topik-topik pembelajaran interaktif yang berisi kuis, simulasi pembelajaran, latihan, dan tes untuk semua jenjang. Siswa tidak hanya bisa mengakses konten rumah belajar disekolah tetapi bisa setiap saat dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja dan bahan belajar tersebut dapat di akses secara berulang-ulang. 

Sumber Belajar

Untuk lebih jelasnya sahabat jangan lupa mengunjungi alamat Portal Rumah Belajar ya, dengan alamat https://belajar.kemdikbud.go.id/

Kelas Maya 

Kelas Maya di Rumah Belajar merupakan sebuah Learning Management System (LSM) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran dalam jaringan (online) antara peserta didik dan guru dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Peserta didik dapat mengikuti pembelajaran virtual dengan pendidik melalui alat komunikasi (chat, video conference, audio conference, destop sharing, whiteboard). 

Kelas Maya

Pemanfaatan kelas maya Rumah Belajar memiliki potensi yang besar dalam pembelajaran yang bersifat jarak jauh dalam jaringan. Adapun pemanfaatan kelas maya Rumah Belajar dapat digunakan sebagai sarana : 
  1. Pengganti pembelajaran tatap muka yang tidak dapat dilakukan dikelas artinya materi yang belum tersampaikan dikelas tatap muka dapat dilaksanakan melalui kelas maya 
  2. Sarana untuk membantu ketercapaian ketuntasan belajar (pencapaian KKM), misalnya program remedial 
  3. Kelas tambahan misalnya saat siswa SMK melakukan prakerin/magang industry 
  4. Sarana pendukung dalam pelaksanaan model-model pembelajaran, misalnya dalam penerapan model pebelajaran flipped classroom pada pembelajaran praktikum. 
Bank Soal 

Fitur bank soal dikembangkan sebagai wadah bagi guru-guru untuk membuat soal dan berbagi kepada pengguna yang lain. Serta melakukan evaluasi hasil belajar secara online. Evaluasi hasil belajar yang disediakan pada fitur bank soal yaitu : Latihan merupakan kumpulan soal-soal berdasarkan satu topik yang bersifat sebagai latihan dan pembahasannya, Ulangan merupakan kumpulan soal-soal berdasarkan satu topik tertentu dan, Ujian merupakan kumpulan soal-soal dari beberapa topik yang berbeda.

Bank Soal

Bagaimana cara memanfaatkan fitur Bank soal? Sahabat kunjungi saja alamat Rumah Belajar dengan alamat https://belajar.kemdikbud.go.id/, kemudian klik fitur Bank soal. 

Laboratorium Maya 

Fitur laboratorium maya merupakan media yang digunakan untuk membantu memahami suatu pokok bahasan dan dapat menjadi solusi terhadap keterbatasan atau ketiadaan perangkat laboratorium. Melalui laboratorium maya, simulasi suatu kondisi yang kompleks, terlalu mahal, atau berbahaya yang kadang tidak dapat dilakukan pada kondisi riil, menjadi dapat dilakukan. 

Laboratorium Maya

Laboratorium maya rumah belajar bisa diakses di https://belajar.kemdikbud.go.id/labmaya

Sedangkan fitur pendukung terdiri dari fitur Peta Budaya, fitur Buku Sekolah Elektronik, fitur Wahana Jelajah Angkasa, fitur Karya Bahasa dan Sastra, dan fitur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. 

Sahabat Rumah Belajar, sebagai seorang guru tentunya kita sepakat bahwa proses pembelajaran yang dilakukan didalam maupun diluar kelas tentunya akan lebih menarik dan tidak membosankan dengan menghadirkan beragam variasi media pembelajaran 

Di era pekembangan teknologi informasi dan komunikasi yang demikian pesat saat ini, tentunya sangat mudah sahabat Rumah Belajar menghadirkan demikian banyak media belajar ke dalam kelas. Tentunya menjadi pertanyaan bagi sahabat Rumah Belajar adalah bagaimana sebenarnya peranan TIK dalam proses pembelajaran serta strategi apa saja yang dapat dilakukan oleh sahabat Rumah Belajar dalam memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran. 

Nah untuk itu, sekali lagi sahabat jangan lupa mengunjungi alamat Portal Rumah Belajar ya, belajar dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.

Oke, Makasih ya.. sudah berkunjung ke blog saya.. Semoga bermanfaat buat sahabat Rumah Belajar semua... 

16 komentar:

  1. Keren Bu..., makasih sudah berbagi informasi...
    Sukses selalu ya Bu...

    BalasHapus
  2. Luar biasa bu. Calon blogger profesional, nih sukses ibu

    BalasHapus
  3. Luar biasa bu, calon blogger profesional, nih

    BalasHapus

Studi Kasus UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

  A .   Deskr i p s i St u di K a s u s   Se l a m a   m e l aksan a k an prak t ik peng a la m an l a pang a n   d i sekol a h,   s ...