Selamat Berkunjung di Blog Bu-Evi Cikgu Geografi *Semoga Bermanfaat*

08 Oktober 2020

Implementasi Model Explicit Instruction pada Mata Pelajaran Geografi Memanfaatkan TV Edukasi

TVE (disingkat dari Televisi Edukasi) adalah sebuah stasiun televisi di Indonesia. Stasiun televisi ini khusus ditujukan untuk menyebarkan informasi di bidang pendidikan dan berfungsi sebagai media pembelajaran masyarakat.

TV Edukasi memberikan beragam tayangan pembelajaran yang disiarkan secara langsung. Termasuk beragam video pembelajaran yang bisa diakses kapanpun secara gratis. Menariknya, selain materi sesuai kurikulum, TV Edukasi juga memberikan banyak pelajaran tentang pengetahuan umum, pendidikan karakter, hingga aktivitas kreatif.

Kebetulan di akhir tahun 2016 saya mengikuti pelatihan dari Pustekkom yang diadakan oleh Dinas Pendidikan tentang sumber belajar dari TV Edukasi.
Nah bagaimana mengimplementasikan Model Explicit Instruction pada Mata Pelajaran Geografi dengan Memanfaatkan TV Edukasi. Yuk kita simak Berikut ini....! 

TV Edukasi
Model Explicit Instruction merupakan salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah. 

Pembelajaran geografi pada materi peta, dalam kegiatan belajar mengajar digunakan metode explicit instruction. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif adalah model explincit instruction. Model explicit instruction merupakan suatu pendekatan mengajar yang dapat membantu siswa dalam mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang diajarkan selangkah demi selangkah. 

Model ini pertama kali diperkenalkan oleh Rosenshine dan Steven pada tahun 1986. Arends (dalam Dzaki, 2009), menyebutkan 
teori yang melandasi model ini yaitu teori behavioral, penelitian tentang efektifitas guru, dan teori belajar sosial. Dalam metode explicit instruction, siswa diharapkan untuk belajar inovatif dalam kegiatan pembelajaran dan menghormati siswa lain serta bekerjasama satu dengan yang lain sehingga mempermudah siswa untuk memahami materi yang diajarkan guru. 
Tahapan operasional dari model pembelajaran Explicit Instruction dapat disajikan dalam 5 (lima) fase : 
Fase Explicit Instruction

Implementasi Model Explicit Instruction 

Pelaksanaan model pembelajaran dalam penulisan ini difokuskan pada upaya untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Secara umum, kegiatan pembelajaran dibagi menjadi lima tahap. Berikut ini kegiatan pembelajaran menggunakan model explicit instruction pada materi peta. 

  1. Tahap pertama, guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai, informasi latar belakang pelajaran, pentingnya pelajaran, dan mempersiapkan siswa untuk belajar. Siswa di arahkan pada cuplikan TV Edukasi mengenai Peta dan Pemetaan untuk menyimak materi. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 3 - 4 orang.
  2. Tahap kedua, guru menyajikan informasi tahap demi tahap yang harus disiapkan dengan cara ditulis di papan tulis yaitu apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan dalam membuat peta relief dengan bentuk 3 (tiga) dimensi.
Adapun alat dan bahan yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:
a. atlas                                           = 1 buah
b. triplek                                         = 1 buah
c. kertas koran                                = 10 lembar (atau menyesuaikan)
d. cutter / gunting                           = 1 buah
e. penggaris                                    = 1 buah
f. alat tulis                                      = pensil, bolpoin, spidol, penghapus, rautan, dsb
g. lem kayu (misal merk fox)        = 1 buah
h. cat minyak (misal merk avian)  = masing-masing 1 buah (menyesuaikan), dengan warna                                                               sebagai berikut:
                                                                    1) biru tua          4) hijau tua          7) coklat muda
                                                                    2) biru muda      5) kuning             8) putih
                                                                    3) hijau muda     6) coklat tua
i. kuas lukis = 1 buah
j. mangkok air = 3 buah

    3. Tahap ketiga, guru memberi bimbingan dan pendampingan siswa dalam pembuatan peta              relief sebagai berikut: 

a. Membuka Atlas Indonesia

Gambar 1 : Peta Indonesia 

b. Lalu ukur dan buat dam (garis kotak-kotak) pada atlas, misalnya Pulau Jawa 

                                                                                (2a)

                                                                                                                        (2b) 
                        Gambar 2 : Pembuatan dam pada Atlas (2a) dan Triplek/Kertas (2b) 

c. Perbesar peta tersebut di atas triplek dengan menggunakan dam (garis kotak-kotak) dengan         jumlah yang sama dengan dam atlas 
                                        Gambar 3 : Siswa memperbesar peta pada triplek 

d. Gunting kertas koran sekecil mungkin 
Gambar 4 : Siswa menggunting kertas 

e. Kemudian rendam dengan air dalam mangkok selama 10 menit, keringkan bubur kertas dengan     membuang airnya 
                            (5a)                                                                        (5b) 
                        Gambar 5 : Proses perendaman (5a) dan pengeringan kertas (5b) 


f. Tempelkan bubur kertas pada peta yang sudah dilukis di triplek dengan menyesuaikan                   ketebalan mulai dari daratan rendah, daratan tinggi, pegunungan, dst dengan menggunakan           lem kayu (lem fox) 
                                                                    Gambar 6 : Siswa menempel bubur kertas pada triplek 

h. Apabila telah selesai menggambarkan peta yang kita inginkan, maka langkah selanjutnya ialah     mewarnai peta dengan cara mengecatnya tipis-tipis dulu, lalu di pertebal secara bertahap sesuai relief permukaan bumi 
                                            Gambar 7 : Siswa mewarnai peta 

i. Selanjutnya tahap merapikan agar sekiranya indah dipandang 
            Gambar 8 : Merapikan peta 

        4. Tahap keempat, guru mengecek apakah siswa telah berhasil melakukan tugas pembuatan             peta tersebut dengan baik dan peserta diberikan pertanyaan lisan secara acak untuk umpa balik terhadap proses dan hasil belajar. 

        5. Tahap kelima, guru memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan.                 Misalnya membuat peta relief dengan bentuk 3 (tiga) dimensi dari stereofoam. 

Kelebihan dan kekurangan Model Explicit Instruction
  • Kelebihan Metode Pembelajaran Explicit Instruction:
  1. Dengan model pembelajaran langsung, guru mengendalikan isi materi dan urutan informasi yang diterima oleh siswa sehingga dapat mempertahankan fokus mengenai apa yang harus dicapai oleh siswa.
  2. Dapat diterapkan secara efektif dalam kelas yang besar/kecil.
  3. Dapat digunakan untuk menekankan poin-poin penting atau kesulitan-kesulitan yang mungkin dihadapi siswa sehingga hal-hal tersebut dapat diungkapkan.
  4. Dapat menjadi cara yang efektif untuk mengajarkan informasi dan pengetahuan faktual yang sangat terstruktur.
  5. Merupakan cara yang paling efektif untuk mengajarkan konsep dan keterampilan-keterampilan yang eksplisit kepada siswa yang berprestasi rendah.
  6. Dapat menjadi cara untuk menyampaikan informasi yang banyak dalam waktu yang relatif singkat yang dapat diakses secara setara oleh seluruh siswa.
  7. Memungkinkan guru untuk menyampaikan ketertarikan pribadi mengenai mata pelajaran (melalui presentasi yang antusias) yang dapat merangsang ketertarikan dan dan antusiasme siswa.
  • Kekurangan Metode Pembelajaran Explincit Instruction:
  1. Karena siswa hanya memiliki sedikit kesempatan untuk terlibat secara aktif, sulit bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial dan interpersonal mereka.
  2. Karena guru memainkan peran pusat dalam model ini, kesuksesan strategi pembelajaran ini bergantung pada image guru. Jika guru tidak tampak siap, berpengetahuan, percaya diri, antusias, dan terstruktur, siswa dapat menjadi bosan, teralihkan perhatiannya, dan pembelajaran mereka akan terhambat.
  3. Terdapat beberapa bukti penelitian bahwa tingkat struktur dan kendali guru yang tinggi dalam kegiatan pembelajaran, yang menjadi karakteristik model pembelajaran langsung, dapat berdampak negatif terhadap kemampuan penyelesaian masalah, kemandirian, dan keingintahuan siswa.

0 komentar:

Posting Komentar

Studi Kasus UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

  A .   Deskr i p s i St u di K a s u s   Se l a m a   m e l aksan a k an prak t ik peng a la m an l a pang a n   d i sekol a h,   s ...