Selamat Berkunjung di Blog Bu-Evi Cikgu Geografi *Semoga Bermanfaat*

18 September 2020

Bulatkan Tekad Berbagi di Rumah Belajar!

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu.. Hallo sahabat rumah belajar seluruh Indonesia, Perkenalkan saya Elvitra Sulastri Sufa, S. Pd, guru SMA Negeri 4 Bengkalis Riau, mengampu bidang studi Geografi.

Pada postingan kali ini, izinkan saya ingin berbagi pengalaman mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemdikbud). Pelatihan di lakukan secara bertahap yang terdiri dari 4 level secara daring. 

Awalnya saya membaca salah satu postingan yang di kirim oleh bapak Duta Riau tahun 2017 @Syukran Setiawan dalam grup WA Guru SMA Bengkalis-Bantan : 

Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Level 1 – Literasi TIK telah dibuka kembali. Segera daftarkan diri Anda melalui https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id

Syarat dan Ketentuan: 
  1. Peserta belum memiliki Sertifikat Level 1 – Literasi TIK
  2. Peserta merupakan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari semua jenjangyang dibuktikan dengan SK PNS yang bersangkutan.atau guru yayasan yang dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Yayasan atau guru honorer di instansi pendidikan pemerintah/swasta dari semua jenjang yang dibuktikan dengan keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan.
  3. Mengajar minimal satu bidang studi di sekolahnya (guru mata pelajaran/guru kelas)
Mari Bapak dan Ibu Guru di seluruh Indonesia bersama-sama Rumah Belajar untuk bersemangat selalu dalam meningkatkan kompetensi Bapak dan Ibu terutama di bidang TIK untuk pembelajaran 

#PembaTIK2020 #DutaRumahBelajar #RumahBelajar #KemendikbudRI #NadiemMarkarim 

Sejujurnya, ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti pelatihan secara daring. Karena pada masa pandemi semua dilakukan dari rumah termasuk kegiatan belajar mengajar. Saat itu saya masih bingung bagaimana cara mengimplementasikan TIK dalam pembelajaran di tengah gejolak pandemi covid-19. Akhirnya saya mencoba ikut mendaftar pada pelatihan yang diselenggaralan oleh Pusdatin Kemdikbud. Pada pelatihan ini materinya cukup menarik, karena terkait dengan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. Saya merasa sangat tertarik untuk mengembangkan kompetensi saya yang bisa di bilang masih minim. Disamping itu nantinya kita bakalan mendapatkan sertifikat. Sertifikatnya pun bisa juga di pakai untuk kenaikan pangkat menambah angka kredit dengan durasi setara 32 jam. 

Awalnya saya mengikuti pelatihan ini karena hanya ingin mendapatkan sertifikatnya saja, untuk persiapan kenaikan PAK (Penilaian Angka Kredit). Namun, semakin ke sini, saya merasa semakin keasyikan. Saya jadi terbawa arus semangat yang ditularkan oleh semua peserta pelatihan ini. Jujur, saya benar-benar menikmati prosesnya! Semua peserta berlomba-lomba untuk mengikuti pelatihan ini dengan baik, tak hanya karena ingin mendapatkan ilmunya, melainkan juga demi lulus dengan nilai yang memuaskan, dapat sertifikatnya dan bisa lolos ke level berikutnya. 

Sejak saya mengikuti PembaTIK pada bulan mei yang lalu (baca juga https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/), saya jadi lebih aktif mengunjungi portal Rumah Belajar Kemdikbud ini. Dari portal inilah saya mendapatkan banyak informasi terkait dengan pelatihan/workshop untuk guru dan informasi tentang pembuatan media pembelajaran lainnya baik itu berupa video pembelajaran  maupun media pembelajaran interaktif. Dari rumah belajar ini juga saya banyak mengetahui konten-konten pembelajaran GRATIS dari pemerintah yaitu Portal Rumah Belajar (https://belajar.kemdikbud.go.id/)

Apa Itu Portal Rumah Belajar?

Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Mari belajar dan bergabung dengan pengguna lainnya di Rumah Belajar.


Registrasi dan pelatihan online juga dilaksanakan melalui portal Rumah Belajar, tepatnya melalui aplikasi SimpaTIK (Sistem Informasi Manajemen Pelatihan Berbasis TIK). Pelatihan online ini dikemas dalam bentuk “Bimbingan Teknik (BIMTEK) PembaTIK (Pengembangan Bahan Ajar TIK)” yang dibagi menjadi beberapa tahap (level). 

1. Bimtek Daring Level 1 (Literasi TIK) saya ikuti tanggal 20 Mei 2020 s/d 31 Mei 2020 gelombang 15.
Pada level ini, peserta mendapatkan modul untuk dipelajari secara mandiri dalam waktu 10 hari sejak registrasi, yaitu Modul 1 : Pengenalan Perangkat TIK Dasar, Modul 2 : Internet Sehat, bijak dan Aman, Modul 3 : Internet Untuk Pembelajaran dan Modul 4 : Aplikasi Pembelajaran Terbuka. Selanjutnya pada akhir pelaksanaan Bimtek Level 1 ini, dilaksanakan ujian Akhir untuk menentukan kelulusan peserta. Bagi peserta yang lulus ujian akhir, maka peserta akan mendapatkan sertifikat Bimtek PembaTIK Level 1 dan berhak mengikuti Bimtek Daring Level 2. Tahapan literasi TIK (Level 1), berlangsung pada bulan April –Juli 2020 yang diikuti oleh 70.312 peserta terbagi menjadi 30 gelombang dan lulus sekitar 18.936 peserta dari seluruh provinsi yang mengikuti Bimtek Daring level 1. 

2. Bimtek Daring Level 2 (Implementasi TIK) saya ikuti tanggal 05 Juni – 05 Juli 2020 gelombang 17.
Pada Bimtek level 2 ini, peserta mendapatkan materi tentang Modul 5 : Penerapan Pembelajaran Abad 21 Memanfaatkan Rumah Belajar, Modul 6 : Penerapan Pembelajaran Menggunakan Fitur-fitur Rumah Belajar, Modul 7 : Pemanfaatan Media TV Edukasi, Radio Suara Edukasi, dan M-Edukasi dalam Pembelajaran dan Modul 8 : Pengelolaan Kelas yang Mengintegrasikan TIK dalam Lingkungan Belajar. Selain itu peserta juga mendapatkan tugas membuat Vlog yang memanfaatkan TIK dan portal Rumah Belajar dengan bobot penilaian sebesar 60%. 

Inilah hasil tugas video pembelajaran sederhana yang telah saya buat beberapa waktu yang lalu. Tidak terlalu bagus sih.. tapi cukuplah, mengingat keterbatasan kemampuan saya dalam teknologi, sehingga tidak banyak persiapan yang bisa dilakukan.


Video teman-teman yang lain juga bisa dilihat di sinisilahkan di klik !

Pada akhir pelatihan, peserta melaksanakan ujian akhir Diklat Daring level 2 (dengan bobot penilaian sebesar 40%) dan apabila lulus, maka peserta akan mendapatkan sertifikat Bimtek PembaTIK Level 2. Semua kegiatan ini dilakukan secara online dan peserta yang lulus akan berhak lanjut ke Bimtek Level 3.
Untuk bisa lulus level 2 ini, batas nilai ketuntasan minimumnya adalah 70. Tahapan Implementasi TIK (Level 2), berlangsung Mei – Juli 2020 diikuti 13.268 peserta, terbagi 30 gelombang dan lulus sekitar 5.007 peserta. 

3. Bimtek Tatap Muka Level 3 (Kreasi TIK) saya ikuti tanggal 21 Juli 2020 – 20 Agustus 2020 gelombang 15.
Pada Bimtek level 2 ini, peserta mendapatkan materi tentang Modul 9 : Media Pembelajaran Berteknologi Digital, Modul 10 : Pembuatan Media Video Pembelajaran, Modul 11 : Pembuatan multimedia/ multimedia interaktif, Modul 12 : Inovasi Pembelajaran yang Mengintegrasikan TIK

Pelaksanaan Bimtek Level 3 ini dilakukan masih secara daring, pada Bimtek Daring Level 3 ini, peserta juga diminta untuk turut aktif berdiskusi secara online bersama dengan peserta lain tentang topik yang diberikan dan dimoderasi oleh Duta Rumah Belajar. Keaktifan dalam forum diskusi pada portal SimpaTIK juga akan mendapatkan penilaian tersendiri dengan bobot 10%. Peserta juga mendapatkan tugas membuat video pembelajaran yang memanfaatkan TIK atau membuat media pembelajaran interaktif dengan bobot 60% di tambah ujian akhir diklat 30%. Apabila peserta lulus, maka peserta akan mendapatkan sertifikat Diklat PembaTIK Level 3. Sayangnya, pada level ini hanya akan dipilih 30 orang saja peserta terbaik yang akan mengikuti ke Diklat Level 4 yang rencananya juga dilaksanakan secara daring. Tahapan Kreasi TIK (Level 3), berlangsung Mei – Juli 2020 diikuti 4.332 peserta, terbagi 17 gelombang dan lulus sekitar 2.496 peserta. 

4. Bimtek Tatap Muka Level 4 (Berbagi) dilaksanakan sekitar Bulan September s/d Oktober 2020.
Peserta terbaik level 3 selanjutnya berhak mengikuti Bimtek level 4 (Berbagi) yang diikuti oleh 30 peserta terbaik Bimtek Level 3 dari tiap provinsi seluruh Indonesia. Pada Bimtek Level 4 ini, peserta mendapatkan materi Modul 13 : Penulisan Artikel Pemanfaatan Rumah Belajar, Modul 14 : Strategi Berbagi, Modul 15 : Komunikasi Efektif, Modul 16 : Pemanfaatan Konferensi Video. 30 Peserta merupakan peserta terbaik yang lulus pada Level 3 dan akan di seleksi kembali dipilih 1 orang untuk dinobatkan sebagai Duta Rumah Belajar (DRB) 2020 Nasional setiap provinsi. Guru-guru terlatih yang menjadi penggerak pemanfataan TIK untuk pembelajaran terutama untuk Portal Rumah Belajar. 

Sekedar informasi, bahwa sebenarnya Duta Rumah Belajar merupakan perpanjangan tangan dari Pustekkom Kemendikbud dalam melakukan pengembangan dan pendayagunaan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pembelajaran di masing-masing provinsinya terutama pembelajaran GRATIS dari pemerintah yaitu Rumah Belajar (https://belajar.kemdikbud.go.id/) . 

Konsep yang diterapkan dalam pelatihan ini juga membuat pelaksanaan pelatihan online ini menjadi cukup seru, dimana proses pelatihan dilaksanakan bertahap (level) dan peserta didorong belajar secara mandiri untuk mendapatkan reward berupa nilai (point) dan sertifikat penghargaan supaya bisa lanjut ke level berikutnya. 

SimpaTIK Rumah Belajar

Oh ya, pelaksanaan Diklat Level 4 akan saya tuliskan pada postingan tersendiri nantinya seiring berjalannya Diklat (baca Bimtek PembaTIK Level 4. Kebetulan saya termasuk salah satu peserta yang berhasil lolos mengikuti Diklat Level 4. Alhamdulillahirabbil'alamin..

Makasih ya.. sudah berkunjung ke blog saya.. Semoga pengalaman ini bermanfaat buat sahabat rumah belajar semua... 


Referensi: Pelatihan saya, http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/



4 komentar:

Studi Kasus UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

  A .   Deskr i p s i St u di K a s u s   Se l a m a   m e l aksan a k an prak t ik peng a la m an l a pang a n   d i sekol a h,   s ...