Selamat Berkunjung di Blog Bu-Evi Cikgu Geografi *Semoga Bermanfaat*

09 Oktober 2020

Motivasi Mengikuti PembaTIK Tahun 2020


Mengikuti PembaTIK adalah salah satu cara untuk mengasah dan mengukur kemampuan diri. Dengan mengikuti PembaTIK, kita bisa mengetahui tingkatan kemampuan orang lain dalam suatu bidang, mengetahui berada di posisi mana tingkatan kemampuan kita, dan pastinya bisa mendapatkan hadiah dan dinobatkan sebagai Duta Rumah Belajar jika kita berhasil mencapai tingkatan level tertinggi. 

Tujuan program PembaTIK adalah untuk meningkatkan kompetensi TIK guru dalam proses pembelajaran, dan untuk memacu mereka dalam menghasilkan karya-karya terbaiknya. Pusdatin Kemendikbud terus berupaya mengakselerasi inovasi-inovasi teknologi pembelajaran yang lebih efektif untuk diestafetkan kepada guru-guru. Sehingga, kualitas guru-guru Indonesia akan terus meningkat dan pada akhirnya mutu peserta didik menjadi lebih berdaya saing. 

Perlu sahabat rumah belajar semua ketahui, bahwa saat ini PembaTIK adalah salah satu hal yang paling dinanti dan ditunggu-tunggu oleh para guru-guru se-Indonesia. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4 leveling). 

Namun yang lebih penting daripada itu, bagi saya : nilai terbesar yang dapat diambil setelah mengikuti PembaTIK adalah ‘pengalaman’. Pengalaman berharga inilah yang sejatinya sangat bermanfaat bagi kita sebagai peserta. Dengan pengalaman mengikuti PembaTIK, saya bisa mengevaluasi kekurangan-kekurangan saya dalam bidang teknologi dan informasi dan mendapat kenangan manis yang tidak pernah bisa terlupakan. 

Masih ingat cerita saya tentang PembaTIK pada kegiatan Parade Sahabat Rumah Belajar Provinsi Riau Berbagi dengan tema “Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar” yang tayang live streaming youtube beberapa hari lalu? 

Nah, Sebenarnya saya nggak nyangka dan nggak berharap bakal dapat lolos ke level 4. Rasanya saat itu surprise banget, terkejut, bangga, seneng, dan campur-campur lah. Karena hasil karya yang saya buat akhirnya membuahkan hasil, walaupun itu cuma media pembelajaran interaktif yang sederhana bagi saya, tapi bagi saya ini adalah awal yang sangat berarti buat saya. 

Saya akan berusaha lebih rajin lagi membuat konten-konten media pembelajaran interaktif maupun video pembelajaran tentunya dibawah bimbingan Pusdatin Kemdikbud. Saya berharap hasil karya saya yang nantinya dapat menjadi pertimbangan bagi Pusdatin Kemdikbud untuk dapat mengisi kekosongan konten pada bidang studi yang saya ampu ke dalam Portal Rumah Belajar dan tentunya ikut berpartisipasi di dalamnya. 

Sebenarnya apa sih motivasi saya menjadi Duta Rumah Belajar? mungkin beberapa hal memang sudah biasa, tapi disini dapat saya sebutin satu persatu: 
  1. Buat nuangin bakat saya, karena saya suka belajar teknologi, apalagi mengotak atik aplikasi atau microsoft office. Sehingga tidak ada salahnya saya mencoba, mana tahu saya juga bisa menghasilkan karya. 
  2. Ikut berpartisipasi menyemarakkan PembaTIK, apalagi pada saat itu pembelajaran dilakukan dirumah. Saat itu masing binggung mau melakukan metode pembelajaran seperti apa. Saat itu PembaTIK menjadi trend topik, karena penasaran maka saya mencoba ikut mendaftar menjadi peserta. Selain itu Rumah Belajar menjawab semua masalah yang dihadapi ketika pembelajaran jarak jauh dilakukan. 
  3. Buat ngukur kemampuan saya di bidang teknologi, sejauh mana saya menguasai teknologi dan informasi. Karena kemampauan teknologi saya bisa dibilang bawah rata-rata lah. 
  4. Berharap bisa mengisi kekosongan konten pembelajaran di bidang studi yang saya ampu dalam Portal Rumah Belajar. 
  5. Kali aja beruntung bisa jadi Duta Rumah Belajar, hehe.. (ini sih udah biasa, nggak bisa dipungkiri, emang hadiahnya itu lhoo, menggiurkan).
Nah, itu beberapa alasan mengapa saya ikut serta dalam PembaTIK. Jadi, enggak semata-mata cuma ngejar Duta Rumah Belajar, tapi juga ada selipan-selipannya, hehe.. Begitulah sedikit ceritaku tentang motivasi menjadi Duta Rumah Belajar.

1 komentar:

Studi Kasus UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

  A .   Deskr i p s i St u di K a s u s   Se l a m a   m e l aksan a k an prak t ik peng a la m an l a pang a n   d i sekol a h,   s ...