Selamat Berkunjung di Blog Bu-Evi Cikgu Geografi *Semoga Bermanfaat*

12 Oktober 2020

Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Menerapkan Model Discoveri Inquiri Memanfaatkan Fitur Sumber Belajar



Penasaran dengan Penerapan Pembelajaran Model Discovery Inquiry Memanfaatkan Portal Rumah Belajar, Yuk simak video live streaming di atas pada menit ke 42'30". Bpk/ibu Sahabat Rumah Belajar akan menemui jawabannya...!
Dan kita juga dapat menyaksikan pemanfaatan Portal Rumah Belajar yang disampaikan oleh Narasumber lainnya.

Sebelumnya mungkin saya akan perkenalkan kembali kepada bpk/ibu sahabat rumah belajar hebat apa itu PembaTIK?

PembaTIK adalah kegiatan atau proses pembelajaran yang sebagian atau seluruhnya dilaksanakan dengan memanfaatkan atau mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran. Proses pembelajaran ini dapat dijalankan apabila pendidik mempunyai kompetensi TIK dan dapat memanfaatkan TIK sebagai sarana pembelajaran. 

Tidak hanya pendidik, peserta didik pada abad ke-21 ini diharapkan dapat memiliki keterampilan menentukan sendiri tujuan belajar (self-directed learning), mengkonstruksi pengetahuan (knowledge construction), kolaborasi (collaboration), komunikasi (communication), memanfaatkan TIK (using ICT), dan penyelesaian masalah dan inovasi (problem solving dan innovation). Berbagai keterampilan tersebut dapat dibangun melalui pengintegrasian TIK dalam proses pembelajaran.


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di abad ke-21 atau abad teknologi ini mendorong terjadinya perubahan dalam peran pendidik terhadap murid disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi begitu pesat sehingga menciptakan berbagai tantangan baru dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar.

Pengaruh berkembangnya TIK dalam proses pembelajaran diantaranya, pembelajaran yang biasanya dilakukan terbatas di ruang kelas dengan jadwal yang sudah ditentukan berkembang menjadi di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja, pembelajaran yang biasanya menggunakan fasilitas material seperti buku berkembang dengan memanfaatkan teknologi komputer dan jaringan.

Kunci sukses untuk dunia pendidikan dalam menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21 ini yaitu pendidikan dengan proses pembelajaran yang interdisiplin dan holistik; yang mampu menyelesaikan dan beradaptasi dengan berbagai permasalahan; dimana proses belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik, partisipatif, dan interaktif; berbasis penelitian dan berorientasi kerja; serta koheren, progresif, dan bercermin pada lingkungan yang bisa dicapai dengan melakukan pembelajaran berbasis TIK. 

Di sisi lain, peserta didik masih kesulitan memperoleh bahan ajar dan media ajar mandiri yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik. Nah ini tidak dirasakan oleh peserta didik saja lho bpk/ibu sahabat rumah belajar hebat, tapi kita sebagai pendidik pasti juga merasakan hal yang sama kan...!

Nah maka dari itu, untuk mengatasi permasalah-permasalahan tersebut, dibuatlah dan dikembangkanlah Portal Rumah Belajar sebagai sarana pembelajaran berbasis TIK yang telah disebutkan. Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan alamat url http://belajar.kemdikbud.go.id

Konten-konten dan media pembelajaran yang tersedia di Rumah Belajar tersebut dapat dimanfaatkan oleh pendidik, peserta didik, dan masyarakat dalam belajar. Masing-masing fitur dalam Portal Rumah Belajar memiliki karakteristik yang berbeda sehingga pola pemanfaatan tiap fitur pun dapat berbeda. 

Pusdatin Kemdikbud telah membuat dan mengembangkan Rumah Belajar sejak tahun 2011 sebagai salah satu portal pembelajaran berbasis web, yang berisi berbagai layanan pembelajaran. 

Fitur-fitur yang terdapat pada Portal Rumah Belajar dapat dimanfaatkan dengan menggunakan beragam model pembelajaran sesuai tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Disini sebagai contoh saya akan mencoba menggunakan model pembelajaran Discovery Inquiry Learning dengan memanfaatkan Sumber Belajar dan Tv Edukasi


Berdasarkan prosedur model pembelajaran Discovery Inquiry Learning yang Memanfaatkan Sumber Belajar, beberapa langkah yang harus dilakukan pendidik. Yaitu Pendidik harus melakukan persiapan sebelum pembelajaran akan dimulai. Adapun beberapa persiapan yang harus dilakukan pendidik adalah Pendidik merumuskan stimulus untuk diberikan kepada peserta didik dalam mengawali/mengantar peserta didik ngikuti pembelajaran dengan model pembelajaran yang akan kita gunakan. 

Dalam merumuskan stimulus ini Pendidik bisa menggunakan konten Sumber Belajar atau Tv Edukasi, baik materi atau katalog medianya untuk dikemas sesuai kebutuhan Pendidik. Berikut contohnya : 

Peserta didik kita bimbing untuk membuka Portal Rumah Belajar, kemudian kita arahkan ke Fitur Sumber Belajar, setelah itu kita cari konten sesuai dengan materi ajar.    

Sintaks Model Pembelajaran Discovey Inquiry Learning adalah
1. (sintaks 1: stimulus)

Guru mengawali dengan menyampaikan topik bahasan dan tujuan pembelajaran, dilanjutkan dengan pemberian stimulus ke siswa

2. (sintaks 2: probem statement)

Siswa membahas stimulus yang telah diberikan guru, lalu mengidentifikasi berbagai persoalan/ menemukan masalah yang ada dalam materi tersebut

3. (sintaks 3: data collection)

Siswa mengumpulkan data dan informasi untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan, dari aneka sumber belajar yang tersedia. Siswa dapat membaca literature (buku, internet, konten Sumber Belajar)

Dalam hal ini siswa diberi keleluasaan untuk menggali lebih luas persoalan yang telah dibuat berdasarkan pemahaman dari konten tersebut, melalui perngumpulan berbagai informasi yang relevan dengan cara membaca literatur baik secara online maupun offline, mengamati obyek, wawancara dengan nara sumber atau melakukan uji coba sendiri dan lain-lain oleh siswa 

4. (sintaks 4: Data prossesing)

Siswa mengolah data/informasi yang telah diperoleh kemudian menganalisis dan menarik kesimpulan untuk memecahkan masalah.

5. sintaks 5: Verification)

Pembuktian dari pernyataan/permaslahan yang telah dirumuskan (berdasarkan hasil pengolahan informasi yang telah ada)

6. (sintaks 6: Generalization) 

melakukan penarikan kesimpulan atau generalisasi berdasarkan hasil verifikasi yang telah dipresentasikan oleh masing-masing siswa

Sebenarnya banyak lho inovasi pembelajaran Berbasis TIK yang dapat kita terapkan dalam proses pembelajaran. Semuanya tergantung kepada individu Sahabat Rumah Belajar mau atau tidak melakukan suatu perubahan. Seperti kutipan Albert Einstein ini “Hidup itu bagaikan sepeda, agar tetap seimbang kita harus terus bergerak”. Kalau kita berhenti mengayuh kita akan tumbang, benar begitu kan Sahabat Rumah Belajar. 

Nah untuk itu, sekali lagi sahabat jangan lupa mengunjungi alamat url Portal Rumah Belajar ya, belajar dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.

Oke, Makasih ya.. sudah berkunjung ke blog saya.. Semoga bermanfaat buat sahabat Rumah Belajar semua...

"Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia"

#pusdatinkemdikbud #kemdikbud #MerdekaBelajar #GuruBerbagi #pembatik
#gurupenggerak #pembatiklevel1 #pembatiklevel2 #pembatiklevel3 #pembatiklevel4
#dutarumahbelajar #belajardarirumah #rumahbelajar

1 komentar:

Studi Kasus UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

  A .   Deskr i p s i St u di K a s u s   Se l a m a   m e l aksan a k an prak t ik peng a la m an l a pang a n   d i sekol a h,   s ...