Selamat Berkunjung di Blog Bu-Evi Cikgu Geografi *Semoga Bermanfaat*

08 November 2016

Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Belajar Sehari-hari

Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Belajar Sehari-hari
Teknologi informasi dan komunikasi memiliki dua pengertian, pengertian teknologi informasi dan teknologi komunikasi, yang dikatakan teknologi informasi adalah pemakaian suatu alat untuk mendapatkan suatu informasi dengan proses tertentu, sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data, atau boleh didefenisikan teknologi informasi komunikasi itu adalah mengambil, memindahkan, mengelola, suatu data untuk di proses dengan perantara alat bantu.
Sekarang zamannya teknologi, suatu negara bila tidak mengikuti teknologi akan terkucil dan jauh dari kemajuan, baik dalam segi pendidikan maupun dalam segi pertahanan dan keamanan. Ada beberapa media yang di gunakan untuk memindahkan, mengelola Teknologi informasi dan komunikasi, diantaranya.

  1. INTERNET

Pada saat ini teknologi informasi dan komunikasi sudah di kemas dalam satu wadah yang dinamakan internet,  tidak bisa dipungkiri bahwa dunia ini terasa sangat kecil dengan internet, informasi apapun akan tersaji dalam internet, inilah proses belajar instant yang tepat guna, semua kalangan masyarakat dunia yang sudah bisa mengoperasikan internet bisa mengetahui ilmu apa yang mereka cari. Selain  manfaat yang didapatkan, ada juga pengaruh buruknya internet tersebut, di sini kita bagi efek dari pembelajaran instan (menggunakan internet) dengan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Pengaruh positif
Sangat banyak manfaat yang di dapat dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  internet. Informasi yang didapatkan melalui internet contohnya, pencarian informasi atau pelajaran dengan menggunakan aplikasi browser, chrome, mozilla atau yang lainnya, dengan menuliskan sesuatu yang kita butuhkan maka kita akan mendapat pilihan penjabaran dari orang lain tentang yang ingin kita ketahui, baik itu ilmu pelajaran, ilmu alam, ilmu agama, ilmu matematika, motivasi, tentang usaha, tentang keluarga, tentang kehidupan dan pilihan, masih banyak lagi. Teknologi informasi dan komunikasi dengan media internet sangat banyak manfaat dalam proses pembelajaran sehari-hari, belajar tanpa bertatap muka dengan guru atau pembimbing, dan pelajar bisa mencari atau menambah wawasan yang lebih luas tanpa harus berkumpul dalam satu ruangan atau pergi keperpustakaan. Seorang guru atau pembimbing dapat memberikan layanan tambahan (learn additional) kepada siswa tanpa harus pergi ke sekolah. Seseorang tidak perlu meluangkan waktu mengantarkan lamaran pekerjaan ke suatu perusahaan. Begitu juga seorang pedagang sampingan tidak perlu mengorbankan waktunya untuk membawa contoh barang dagangannya kepada calon pelanggan (selling online). Banyak manfaat yang lain yang memudahkan pekerjaan kita.
Apa yang kita pikirkan akan kita dapat jawabannya, “berapakah jarak bumi dengan matahari...? dengan pertanyaan ini kita tulis di browser maka akan mendapatkan penjabaran jawaban yang sedetil-detilnya, “sepeda motor mati total karena masuk air (banjir), tinggal tulis di browser dan kita akan mendapatkan solusinya, inilah salah satu manfaat dari teknologi informasi.
Dan begitu juga dengan komunikasi, kita bisa berhubungan dengan saudara atau teman yang jauh di tempat lain, dengan email, jejaringan sosial atau menggunakan seluler atau telepon.

  1. Pengaruh negatif
Pengaruh negatifnya sangat perlu kita waspadai, terutama sekali bagi anak-anak usia transisi yaitu masa dari anak-anak ke remaja, mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dengan rasa ingin tahu tersebut mereka ingin mencoba, setelah mencoba mereka akan mengulanginya, dimasa ini sangat perlu pengawasan yang ekstra dari orang tua dan guru. Setelah masa transisi tersebut akan masuk masa pubertas, yaitu masa remaja yang memiliki rasa ingin tahu tentang sesuatu yang di rasa oleh hati mereka, dan kemudian akan mencoba sesuatu yang baru, hal baru di dapat dari internet akan dijadikan sebagai eksperimen tentunya menyimpang dari tujuan positifnya, seperti yang sering dilihat dalam pemberitaan, terjadinya perbuatan asusila, pelecehan, perzinahan, perselingkuhan, penipuan dan banyak lagi contoh pemakaian salah fungsi teknologi ini.
Teknologi informasi dan komunikasi itu adalah dunia tanpa batas, hanya diri pribadi yang harus melakukan pembatasan.
Untuk menghadapi pengaruh negatif tersebut, harus ada pembentengan diri pada anak ;
  • Perlunya pengawasan orang tua terhadap pemekaian teknologi informasi dan komunikasi internet pada anak.
  • Perlunya pengawasan guru di lingkungan sekolah terhadap anak.
  • Perlunya membekali wawasan anak terhadap pengaruh penyimpangan teknologi informasi dan komunikasi internet oleh orang tua dan guru.
  • Membentengi anak dengan ilmu agama, yang bisa dilakukan oleh orang tua, guru, lingkungan dan terutama sekali diri pribadi.

  1. PESAWAT TELEVISI

Televisi memiliki peringkat tertinggi setelah internet dalam pemberian informasi dan komunikasi, itu semua disebabkan pemakain televisi sudah sampai ke daerah pelosok negeri, tidak ada kita dapati suatu daerah yang tidak mendapati siaran televisi, mungkin ada satu atau dua negeri yang amat terpencil.
Teknologi informasi dan komunikasi bisa didapatkan melalui siaran televisi, namun sekarang  kita harus pandai mendapatkan siaran yang bersifat mendidik, pada umumnya televisi bersifat komersial, mengeluarkan berita untuk mendapatkan sesuatu imbalan, tidak mencerdaskan, tetapi bersifat pertentangan dan mempopulerkan kepentingan satu golongan. Ada informasi teknologi yang diberitakan tetapi itu hanya beberapa bagian kecil dari info yang seharusnya di terbitkan, lebih banyak kepada unsur hiburan.
Tetapi tidak semua televisi mempunyai program yang bersifat komersial, ada televisi yang mendidik yang bersifat khusus dan membantu kita memperoleh siaran pendidikan, dari siaran pendidikan ini akan dapat dinikmati sebagai media pendidikan yang bersifat merata, karena siaran ini akan dipancarkan keseluruh pelosok negeri, inilah manfaat teknologi informasi dan komunikasi sebenarnya, dapat dirasakan oleh seluruh kalangan dimanapun berada. Dengan keadaan geografis, sosial, budaya (adat istiadat) yang berbeda, “televisi edukasi” menjadi media belajar bagi siswa dan dan guru, penemuan bahan pembelajaran bagi guru yang tepat karena kultur sosial dan keadaan geografis negara kita yang berbeda. Timbul satu pertanyaan, kenapa televisi edukasi merupakan teknologi informasi dan komunikasi yang merata di seluruh Indonesia...?, jawabnya karena televisi edukasi di-relay oleh tv lokal dan televisi berlangganan.

C.   RADIO

Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan perantara pemancar radio memang di bilang sedikit. Dan tidak jauh beda dengan televisi, radio juga memiliki program tertentu yang bersifat komersial, ada program yang bersifat memberikan pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi tetapi sangat sedikit sekali, dan bahkan program tersebut di monopoli oleh program hiburan, memang benar kalau penyiaran memiliki rating agak rendah dalam pengembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk masyarakat, sehingga pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi tidak berjalan.
Tapi sekarang telah ada pemancar radio yang khusus memancarkan siaran pendidikan, siaran ini murni menyiarkan program pendidikan sebagai pendamping pendidikan sekolah, inilah “Radio Edukasi”. program penyiarannya memilik waktu tertentu,  sehingga tidakl berbenturan dengan program pendengar dan bukan hanya sekedar menyiarkan tetapi dapat bertatap muka dengan nara sumber, bukan hanya didengarkan suaranya saja, tapi ada program langsung dengan pembawa acara dan nara sumber, pendengar (pelajar) bisa bertatap muka langsung dengan orang-orang yang sudah pakar ilmu pendidikan, jadi ada intereaksi langsung dengan pakarnya, program temu langsung antara kegiatan pembelajaran dengan pelajar atau orang yang menerima pendidikan tersebut yang menjadikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terwujud.

  1. TELEPHONE SELULER

Telephone seluler adalah alat yang dipergunakan untuk mengirim data suara dengan menggunakan gelombang elektromagnet, pada abad ini teknologi telephone seluler telah mengalami kemajuan sehingga teknologi ini sudah menjadi pakaian primer, di mana hampir setiap orang yang telah mengerti pengoperasian teknologi ini memilikinya. Para ahli teknologi berhasil menyatukan komputer, internet dan telephone yang disebut dengan telephone seluler. Teknologi ini sangat berhasil meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada masyarakat umum. Telephone seluler boleh dikatakan komputer mini yang menjadi multi fungsi, namun di samping keberhasilan itu sangat perlu diwaspadai dan diawasi efek samping (pengaruh negatif) penyalah fungsi teknologi ini.
Teknologi informasi dan komunikasi memiliki manfaat yang besar pada proses perkembangan pendidikan di indonesia, manfaat yang tepat guna bagi semua kalangan masyarakat, baik masyarakat umum maupun pelajar.



0 komentar:

Posting Komentar

Studi Kasus UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

  A .   Deskr i p s i St u di K a s u s   Se l a m a   m e l aksan a k an prak t ik peng a la m an l a pang a n   d i sekol a h,   s ...