Selamat Berkunjung di Blog Bu-Evi Cikgu Geografi *Semoga Bermanfaat*

15 September 2020

Pembukaan Kuliah Umum PembaTIK Level 4 : Berbagi


Congratulation, Selamat berberkompetisi dengan berbagi buat para sahabat dan guru-guru hebat yang telah dan sedang berada pada Tahapan Berbagi, yaitu tahapan tertinggi dari program PembaTIK 2020.

Ucapan terima kasih tak terhingga kepada Pihak Pusdatin, dan teristimewa kepada Instruktur/Tim Penilai karena sudah memberikan kepercayaan terhadap saya bukan cuma lulus di level 3 tapi juga lolos ke level 4, dan terima kasih kepada bapak/ibu guru yang hebat atas supportnya selama ini. Suatu kesyukuran buat saya pribadi karena bisa berada di tengah-tengah bapak/ibu guru yang hebat dari berbagai Provinsi. Motivasi saya masuk di PembaTIK bukan karena mengejar yang namanya DRB tapi ingin mencari pengalaman pengetahuan khususnya di PembaTIK, di sini banyak sekali pengalaman yang saya dapat dari berbagai macam sumber. Dengan adanya PembaTIK saya bisa mengenal satu sama lain dari berbagai Provinsi meskipun tidak secara langsung.

Bersama Guru-guru hebat yang kompeten, yang telah berhasil melewati Tahapan literasi, implementasi dan berkreasi, terasa tidak sedang berkompetisi, tetapi selalu Berbagi, Berkolaborasi untuk menjadi seorang yang memiliki Kompetensi yang selalu Berbagi untuk Negeri. PembaTIK (pembelajaran berbasi TIK) adalah sebuah program Peningkatan Kompetisi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar Kompetensi TIK terdiri 4 level, mulai level Literasi, Implementasi, Kreasi dan Berbagi.

Daring pembukaan kuliah umum pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (PembaTIK) level 4 dengan tema “Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar”. PembaTIK merupakan sebuah kegiatan peningkatan kompetensi TIK untuk pembelajaran yang disenggarakan oleh pusat data dan teknologi informasi pendidikan dan kebudayaan (Pusdatin Kemendikbud) bertujuan untuk menumbuhkan motivasi kreatifitas dan inovasi guru dalam pembelajaran berbasis TIK, sejalan dengan misi kementrian pendidikan dan kebudayaan untuk menumbuhkan guru-guru pengerak di komunitas dan daerahnya. 

Berdasarkan data dari Pustekkom Pembatik 2020, rincian singkat Tahapan program PembaTIK dan jumlah pesertanya yang diikuti oleh guru-guru hebat se- Indonesia, antara lain:

Tahapan literasi TIK (Level 1) , berlangsung pada April –Juli 2020 yang diikuti oleh 70.312 peserta terbagi menjadi 30 gelombang dan lulus sekitar 18.936 peserta. Tahapan Implementasi TIK (Level 2), berlangsung Mei – Juli 2020 diikuti 13.268 peserta, terbagi 30 gelombang dan lulus sekitar 5.007 peseta. Tahapan Kreasi TIK (Level 3), berlangsung Mei – Juli 2020 diikuti 4.332 peserta, terbagi 17 gelombang dan lulus sekitar 2.496 peserta. Tahapan Berbagi TIK (Level 4), berlangsung September - Oktober 2020 diikuti 1.020 peserta. Istimewanya peserta Level 4 adalah 30 orang tiap provinsi. Tiga Puluh Peserta merupakan peserta terbaik yang lulus pada Level 3 dan akan di seleksi kembali dipilih satu orang untuk dinobatkan sebagai Duta Rumah Belajar (DRB) 2020 Nasional setiap provinsi. Guru-guru terlatih yang menjadi penggerak pemanfataan TIK untuk pembelajaran terutama untuk Portal Rumah Belajar. 

Duta Rumah Belajar merupakan perpanjangan tangan dari Pustekkom Kemendikbud dalam melakukan pengembangan dan pendayagunaan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pembelajaran di masing-masing provinsinya terutama pembelajaran GRATIS dari pemerintah yaitu rumah belajar (https://belajar.kemdikbud.go.id/

Duta Rumah Belajar ini akan menjadi wajah perwakilan pemanfatan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan, terutama Rumah Belajar. Berkesempatan mengikuti bimbingan teknis pengembangan bahan ajar berbasis TIK baik di pusat maupun daerah. Berkesempatan dilibatkan pada acara dan kegiatan pemanfaatan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan baik di pusat maupun daerah. Bertemu dan bertukar wawasan dengan guru-guru berprestasi dari seluruh provinsi di Indonesia. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Kemendikbud, M. Hasan Chabibie S.T., M.Si mengatakan bahwa para guru yang berhasil sampai level 4 akan mendapatkan pembekalan dari para narasumber ahli dalam bidangnya secara virtual. Mulai dari pihak kementerian, pakar komunikasi hingga penulis modul. 

Kuliah Umum PembaTIK Level 4

Rangkaian kegiatan Peserta level 4 adalah : 
  1. Kuliah umum : pembekalan peserta dengan menghadirkan narasumber inspiratif. Dilaksanakan dengan metode live streaming dan zoom meeting
  2. Coaching : pembimbingan terkait modul-modul pelatihan yang dilaksanakan secara virtual dengan zoom meeting setiap provinsi
  3. Seleksi : seleksi calon duta rumah belajar yang dilaksanakan dengan mengambil 5 terbaik dari setiap provinsi (berdasarkan penilaian tertentu), lalu akan ada sesi wawancara dan pleno
Selanjutnya Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, B.A., M.B.A juga mengatakan bahwa “Saya ingin mengucapkan betapa bangganya saya mengetahui program pelatihan guru Pembelajaran Berbasis TIK atau PembaTIK pada tahun ini diikuti oleh lebih dari 60 ribu guru atau 1000% peningkatan dari pertama kali kegiatan ini dilangsungkan 2 tahun lalu. Angka ini merupakan pencapaian yang luar biasa, terlebih hal ini juga menjadi penanda semakin banyak guru yang ingin meningkatkan kemampuannya untuk mengimplementasikan teknologi ke dalam proses belajar mengajar”


Itulah salah satu pesan dari Mendikbud, pada pembukaan kegiatan pelatihan guru Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) yang telah mencapai level akhir (Level 4: Berbagi) dengan tema Berbagi Inovasi Pembelajaran TIK Mewujudkan Merdeka Belajar yang diselenggarakan oleh Pusdatin khususnya Rumah Belajar Kemendikbud.

Semoga menjadi motivasi kita semua untuk menjaga semangat gotong royong mewujudkan Merdeka Belajar dengan inisiatif dan inovasi pembelajaran.

Update terkait rilis sertifikat akan disampaikan melalui sosial media Rumah Belajar melaui tautan berikut:


0 komentar:

Posting Komentar

Studi Kasus UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

  A .   Deskr i p s i St u di K a s u s   Se l a m a   m e l aksan a k an prak t ik peng a la m an l a pang a n   d i sekol a h,   s ...